Lomba Cipta Seni Pelajar Tingkat SD

UPT Pendidikan dan Pengembangan Kesenian Sekolah (Dikbangkes) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Lomba Cipta Seni Pelajar Tingkat SD dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN). Keseluruhan acara diselenggarakan di kompleks Dikbangkes, Jalan Jagir Sidoresmo V Surabaya, tanggal 30 Mei 2011, meliputi lomba cipta puisi, cipta lagu dan melukis.

Kepala UPT Dikbangkes, Drs. H. Karsono, M.Pd, menyatakan, acara ini dimaksudkan untuk pengembangan apresiasi siswa melalui kegiatan lomba sehingga diharapkan dapat memacu, memupuk dan merangsang kreativitas serta bakat dan minat para siswa.

Peserta lomba adalah siswa-siswi SD/MI yang masih aktif dengan dibuktikan surat keterangan dari kepala sekolah dan pengantar dari Dinas Pendidikan setempat, dan mewakili masing-masing Kabupaten/Kota. Tema untuk semua lomba adalah: Pendidikan karakter pilar kebangkitan bangsa, subtema: Raih prestasi junjung tinggi budi pekerti.

Untuk lomba lukis, alat bebas (membawa sendiri), teknis melukis dan bahan berupa cat air, krayon, akrilik dan sebagainya, tidak boleh disemprot (vernis). Waktu pengerjaan 4 jam termasuk persiapan alat-alat lukis, media berupa kertas 40×60 cm tanpa garis tepi disediakan panitia.

Kriteria penilaian: Orisinalitas, artistik, kreativitas, teknik, tema dan nilai ekspresi. Dinas Pendidikan Provinsi Jatim akan mengirimkan juara 1-3 dan harapan 1 ke tingkat nasional. Dari empat karya lukis tersebut akan diadakan praseleksi oleh Tim Penilai Pusat untuk menentukan 1 (satu) orang peserta yang akan mengikuti lomba. Hal ini juga berlaku untuk lomba cipta lagu dan cipta puisi.

Lomba Cipta Lagu, peserta membuat karya lagu yang direkam dalam CK/kaset dengan atau tanpa musik dan dilengkapi lirik lagui dan notasi (not angka atau balok) di atas kertas ukuran A4 dan kertas paranada (not balok). Lagu maksimal 16 birama/bar, teks 2 (dua) bait, berbahasa Indonesia. Proses lomba, dewan juri mendengarkan lagu, peserta membawakan lagu ciptaannya, kemudian dilakukan wawancara. Penilaian meliputi orisinalitas, kemampuan membuat nada lanjut dan nada lirik.

Cipta puisi menggunkan kertas yang disediakan panitia, pealatan tulis membawa sendiri, waktu lomba 60 menit, hasil karya puisi dibacakan setelah lomba selesai tanpa alat bantu pengeras suara. Kriteria pengamatan untuk cipta puisi: Bahasa, ide dan kesesuaian tema. Sedangkan baca puisi meliputi interpretasi, vokal dan penampilan.

Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi UPT Dikbangkes Jatim, Jl. Jagir Sidoresmo V Surbaya, telp: 8438227. (adm)

Leave a Reply